Hari Raya Tirta Yatra

Posting Oleh : Administrator [February 10, 2008 - 8:32 pm]

Tirta Yatra adalah sebuah perjalanan suci untuk bersujud di hadapanNya untuk memohon petunjuk, ampunanNya. Akhir-akhir ini banyak sekali umat Hindu melakukan Tirta yatra, Fenomena ini harus di sikapi dengan arif dan bijaksana, berarti semakin orang sadar betapa perlunya kita sering lebih mendekatan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa karena apa yang sudah kita dapatkan di alam ini adalah bersifat sementara dan akan kembali kepadaNya

Tirta Yatra ini juga membuat sebuah fenomena bagi pelaku  bisnis pariwisata di Indonesia secara umum dan tentunya Bali sebagai penduduk yang mayoritas Hindu,Terbukti semakin banyak permintaan program tirta yatra dari masyarakat maka semakin banyak pula para pelaku-pelaku pariwisata di Bali berlomba membuat program tirta yatra yang mereka sering namakan Paket Tirta Yatra yang mereka kemas dengan sangat menarik, Seiring berjalannya waktu paket tirta yatra inipun terus berkembang.

Beberapa pelaku pariwisata mengemas paket tirta yatra + tour ada pula paket tirta yatra + shooping, semua dilakukan untuk mendapatkan nilai plus dari puduk yang dijual dipasaran bahkan tanpa harus memperdulikan tujuan utama dari program itu.Untuk sekarang ini kami mengajak bersama-sama berpikir positif  tentang konsep dari tirta yatra tersebut.

Tirta yatra bukan sekedar perjalanan suci berupa sembahyang dihadapannya setelah itu selesai, tapi menurut saya perjalanan suci kerumah Tuhan yang mana setelah di rumah tuhan inilah selain sembahyang dan bersujud kita merenungi semua ajaran-ajaran ketuhanan tersebut. Jadi marilah kita sama-sama berpikir positif tentang makna dari tirta yatra.

Tirta Yatra yang sepantasnya kita ikuti adalah tirta yatra yang tidak mengurangi makna asli dari Tirta yatra itu sendiri dan tentunya setelah acara selesai bolehlah kita untuk sekedar menikmati daerah sekitarnya dan tidaklah salah jikalau kita membeli sesuatu yang kita lihat disana untuk sekedar oleh-oleh dan kenang-kenangan untuk sanak keluarga