Pura Uluwatu Badung Bali

Posting Oleh : Eddy Harianto [April 16, 2014 - 7:03 am]

Bali memang sangat menarik atau menawan untuk selalu diexplore secara mendalam dan menjadikan pusat perhatian banyak orang baik domestik maupuan manca negara. Pura Uluwatu salah satu obyek wisata di Pulau Dewata, dibangun di atas batukarang terjal dan tinggi sekitar 70 meter, posisi karang ini menjorok ke laut (samudra Indonesia) yang terkenal dengan keindahan sunset / matahari tenggelam. Pura Luhur Uluwatu berfungsi sebagai tempat pemujaan Dewa  Rudra. Pura Uluwatu dipercaya oleh umat Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin atau disebut dengan Pura Sad Kahyangan. Pura Luhur Uluwatu terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, sekitar 25 km ke arah selatan dari wilayah wisata Kuta, terletak di ujung Barat Daya Pulau Dewata, lokasi tergolong terjangkau dari tempat-tempat pariwisata lainnya.
 
Menurut Bapak Lontar Kusuma Dewa, bahwa pura ini didirikan atas anjuran Mpu Kuturan sekitar abad kesebelas, sebagai tempat untuk menurunkan ajaran Desa adat dengan segala aturan-aturannya dan selanjutnya pura ini dipakai untuk memuja oleh seorang pendeta suci beliau bernama Dang Hyang Nirartha, seorang pendeta berasal dari Jawa, datang untuk menyebarkan ajaran-ajaran agama adilihung pada tahun 1546 M, yaitu pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong di Gelgel.

Pura Uluwatu merupakan salah satu obyek wisata populer di pulau ini. Pura terletak di penghujung batu karang ini terlihat begitu unik dan menarik, disini para pengunjung dapat melihat matahari terbenam / sunset yang indah. Di lokasi pura setiap hari diadakan pertunjukan tari Kecak dengan latar belakang sunset menjadikannya sebuah pertunjukan spektakuler, dengan diiringi oleh kelompok penari laki-laki berjumlah sekitar 50 orang. Jika anda Liburan ke pulau ini sempatkan untuk menikmati sunset di Uluwatu dengan hiburan tari kecak.

Ada berbagai cara untuk bisa mengunjungi tempat ini, wisatawan bisa ikut paket full day Uluwatu - watersport tour  atau juga half day GWK - Uluwatu, paket tersebut telah kami susun rute perjalanannya. Pilihan lainnya wisatawan bisa sewa mobil + supir + bbm menentukan sendiri rute objek wisata pilihannya, bisa juga setir sendiri kalau sudah tahu rute/ jalan ke destinasi tersebut.
 
Uluwatu memang kita kenal sebagai sebuah tempat yang menyuguhkan keindahan matahari terbenam, dimana bola bundar dengan rona jinnga kemerahanini seolah tenggelam ditelan samudera Indonesia di ujung cakrawala di sebelah Barat , ditambah paduan tari Kecak dipentaskan setiap sore harinya di pukul 18.00 selama 1 jam, menjadikanya objek paling dicari pada sore hari oleh wisatawan, pementasan Tari Kecak di sini tergolong paling menarik dan mengasikkan, dengan durasi pementasan cukup lama, latar belakang sunset, serta penonton kadang-kadang diajak ikut berinteraksi.

Akan tetapi sebelum perjalanan puncak sampai di Uluwatu sepanjang perjalanan searah menuju Uluwatu, kita melintasi desa Pecatu, sepanjang perjalanan banyak sekali tempat-tempat primadona, serta sangat layak dikunjungi, seperti GWK, pantai Dreamland, Balangan dan pantai Pandawa sebuah tempat baru dalam suguhan pesona alam eksotik. Memang kawasan Selatan ini tergolong kaya dengan tempat-tempat dengan keindahan yang tak terbantahkan.

Jadi yakinkan perjalanan anda di daerah Selatan juga bisa menikmati berbagai aktifitas watersport  terletak di Tanjung Benoa Nusa Dua. Rekreasi lainnya di pulau dewata ini tidak bisa anda lewatkan begitu saja, seperti rafting di Sungai Melangit, Telaga Waja dan Ayung, suka petualang dengan kapal pesiar lokal kami sediakan juga voucher cruise untuk Bali Hai dan Quicksilver, tiket kapal selam  Odyssey Submarine di Labuhan Amuk, desa Antiga Karangasem.